Artificial
Intelligence
(Kecerdasan Buatan)
Definisi
:
Kecerdasan Buatan atau
kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks
ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence
atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem
seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke
dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat
dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan
antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan
syaraf tiruan dan robotika.
Bagian ilmu komputer
yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik
yang dilakukan oleh manusia Kecerdasan dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah
Kecerdasan
diperoleh dari :
·
Pengetahuan dan pengalaman
·
Kemampuan menalar (mengambil kesimpulan
berdasarkan pengetahuan dan pengalaman)
Beberapa
Sudut Pandang :
·
Kecerdasan : AI akan membuat mesin
menjadi ‘cerdas’
·
Penelitian : AI adalah suatu studi
bagaimana membuat agar computer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan
manusia.
·
Bisnis : AI adalah sekumpulan peralatan
yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah – masalah bisnis.
Definisi
AI menurut parah ahli :
·
H. A. Simon [1987] :
“
Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan
penelitian,
aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman
komputer
untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan
manusia
adalah- cerdas”
·
Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan
Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana
membuat
komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat
dilakukan
lebih baik oleh manusia.”
·
Encyclopedia Britannica:
“Kecerdasan
Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang
dalam
merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk
simbol-simbol
daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan
metode
heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
Tujuan dari kecerdasan
buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]:
1.
Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2.
Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3.
Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
DOMAIN PENELITIAN DALAM
KECERDASAN BUATAN
·
Formal tasks (matematika, games)
·
Mundane task (perception, robotics,
natural language, common sense, reasoning)
·
Expert tasks (financial analysis,
medical diagnostics, engineering, scientific analysis, dll)
PERMAINAN (Game)
·
Kebanyakan permainan dilakukan dengan
menggunakan sekumpulan aturan.
·
Dalam permainan digunakan apa yang
disebut dengan pencarian ruang.
·
Teknik untuk menentukan alternatif dalam
menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit.
·
Teknik tersebut disebut dengan
HEURISTIC.
·
Permainan merupakan bidang yang menarik
dalam studi heuristic
NATURAL LANGUAGE
Suatu
teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk
memahami
bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi
dengan
komputer dengan menggunakan bahasa sehari -hari.
ROBOTIK DAN SISTEM
SENSOR
Sistem
sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal
jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu sistem yang
luas yang disebut sistem robotik.
EXPERT SYSTEM
Sistem
pakar (Expert System) adalah program penasehat berbasis computer yang mencoba
meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan
masalah-masalah spesifik.
KONSEP DAN DEFINISI
DALAM KECERDASAN BUATAN
TURING TEST – Metode
Pengujian Kecerdasan
·
Turing Test merupakan sebuah metode
pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing.
·
Proses uji ini melibatkan seorang
penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia
dan satunya adalah sebuah mesin yang akan diuji.
·
Penanya tidak bisa melihat langsung
kepada obyek yg ditanyai
·
Penanya diminta untuk membedakan mana
jawaban komputer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek
tersebut.
·
Jika penanya tidak dapat membedakan mana
jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang
diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS.
PEMROSESAN SIMBOLIK
·
Komputer semula didisain untuk memproses
bilangan/angka-angka (pemrosesan numerik).
·
Sementara manusia dalam berpikir dan
menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak didasarkan kepada sejumlah
rumus atau melakukan komputasi matematis.
·
Sifat penting dari AI adalah bahwa AI
merupakan bagian dari ilmu komputer yang melukan proses secara simbolik dan
non-algoritmik dalam penyelesaian masalah
HEURISTIC
·
Istilah Heuristic diambil dari bahasa
Yunani yang berarti menemukan
·
Heuristic merupakan suatu strategi untuk
melakukan proses pencarian (search) ruang problema secara selektif, yang
memandu proses pencarian yang kita lakukan disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan
sukses paling besar.
PENARIKAN KESIMPULAN
(INFERENCING)
·
AI mecoba membuat mesin memiliki
kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning)
·
Kemampuan berpikir (reasoning) termasuk
didalamnya proses penarikan
kesimpulan
(inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode
heuristik atau metode pencarian lainnya.
PENCOCOKAN POLA
(PATTERN MATCHING)
·
AI bekerja dengan metode pencocokan pola
(pattern matching) yang berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events)
atau proses, dalam hubungan logik atau komputasional.
Perbandingan Kecerdasan
Buatan dengan Kecerdasan Alamiah Keuntungan Kecerdasan Buatan dibanding
kecerdasan alamiah:
·
lebih permanen
·
memberikan kemudahan dalam duplikasi dan
penyebaran
·
relatif lebih murah dari kecerdasan
alamiah
·
Konsisten dan teliti
·
Dapat didokumentasi
·
Dapat mengerjakan beberapa task dengan
lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia
Keuntungan Kecerdasan
Alamiah dibanding kecerdasan buatan :
·
Bersifat lebih kreatif
·
Dapat melakukan proses pembelajaran
secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan
representasirepresentasi
·
Fokus yang luas sebagai referensi untuk
pengambilan keputusan sebaliknya AI menggunakan fokus yang sempit Komputer
dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegiatan (events),
proses dan dapat memproses sejumlah besar informasi dengan lebih efisien dari
yang dapat dikerjakan manusia, tetapi disisi lain manusia –dengan menggunakan
insting- dapat melakukan hal yang sulit untuk diprogram pada komputer, yaitu:
manusia dapat mengenali (recognize) hubungan antara hal-hal tersebut, menilai
kualitas dan menemukan pola yang menjelaskan hubungan tersebut.
Perbedaan Komputasi AI
dengan Proses Komputasi Konvensional
Bagaimana komputer
konvensional memproses data
Perbandingan
AI dengan Pemrograman Konvensional
SISTEM
PAKAR (Expert System)
Sistem Pakar adalah hasil akhir dari seorang Sarjana
Science. Untuk membangun suatu sistem yang dapat memecahkan permasalahan yang
sudah ditentukan, seorang sarjana akan memulai dengan membaca literatur terkait dengan permasalahan Sebagai
pondasi sistem itu. Seorang sarjana pengetahuan kemudian melakukan wawancara
ekslusif dengan satu atau lebih tenaga ahli untuk “memperoleh” pengetahuan
mereka. yang akhirnya, sarjana pengetahuan
tersebut mengorganisir hasil wawancara dan menterjemahkan ke dalam perangkat
lunak komputer yang dapat digunakan oleh seseorang yang sama sekali tidak
memiliki suatu keahlian.
Sistem Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer
yang dirancang untuk memberikan
pemecahan masalah suatu tenaga ahli didalam suatu bidang. Sistem Pakar
terdiri atas suatu dasar pengetahuan(informasi, heuristik, dll.), mesin kesimpulan(untuk meneliti dasar pengetahuan),
dan alat penghubung (input dan output). Cara yang memimpin ke arah pengembangan
Sistem Pakar adalah berbeda dari teknik programan konvensional.
Ciri-Ciri
Sistem Pakar :
Sistem
pakar yang baik harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
·
Memiliki
informasi yang handal.
·
Mudah
dimodifikasi.
·
Dapat
digunakan dalam berbagai jenis komputer.
·
Memiliki
kemampuan untuk belajar beradaptasi.
Beberapa
contoh Sistem Pakar
1. MYCIN :
Diagnosa penyakit
2. DENDRAL :
Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tak dikenal
3. XCON &
XSEL : Membantu konfigurasi sistem komputer besar
4. SOPHIE :
Analisis sirkit elektronik
5. Prospector
: Digunakan di dalam geologi untuk membantu mencari dan menemukan deposit
6. FOLIO :
Menbantu memberikan keutusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan
investasi
7. DELTA :
Pemeliharaan lokomotif listrik disel
Aplikasi-aplikasi
dari Program kecerdasan tiruan/buatan diantaranya:
·
Game Playing
·
Sistem Bahasa
Alami
·
Sistem
Perancangan dan Pembuatan CAD/CAM
·
Sistem Pakar
VLSI
·
Sistem Pakar
Reparasi Perangkat Keras
·
Manajemen Data
Cerdas
·
Sistem
Otomatisasi Kantor, dll.
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar
WRITE YOUR COMMENTS BELOW