Kamis, 12 November 2015

Laporan Akhir Looping Pada Cobol






Logika :
Cobol itu tersendiri adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Cobol tersendiri dibagi struktur bahasa pertiap divisinya yaitu :
Identification division, environment division, data division dan procedure division. Kalau tidak ada semua struktur divisi ini bias dibilang program cobol ini tidak dapat berjalan, jadi tidak sembarangan orang membuat codingan yang harus teliti pertiap baris dan kolom, cobol tersendiri memiliki beberapa syarat variable yaitu max 30 karakter, minimum ada satu alphabet, tidak boleh ada special karakter, tidak ada blank spack, dan cobol reserver word, harus alphanumeric, dan no hypen.
Penulisan dalam cobol tersendiri dibagi berbeda beda, seperti kolom 1-6 yaitu nomor urut (optional) (999,999), kolom 7 yaitu hypen, /, D, *, kolom 8 – 11 yaitu area A berdivisi dan level number, kolom 12-72 yaitu area B kodingan , kolom 73 – 80 yaitu dokumentansi.
Jadi dalam cobol itu adalah program terstruktur dimana itu dibagi persetiap bagian. Struktur Sub dibagi seperti dari atas yaitu, division, region, section, paragraph, sentence, statement, phrase.

Cobol tersendiri dijalankan melalui run, dan cmd, dimana program cobol ini sungguh rumit.
Pengakhiran dalam kodingan cobol selalu diakhiri dengan tanda “ .
Cobol juga berpengaruh pada kolom dan baris, jika salah penempatan akan berpengaruh.
Pengejeaan sangatlah penting dimana huruf capital dan kecil berpengaruh pada codingan, dan jangan lupa untuk tidak TYPO.

Program Cobol Looping
IDENTIFICATION DIVISION atau nama lain adalah identitas program cobol ini. Ini bagian struktur pertama dalam cobol, seperti memulai programnya diawali dengan identification/ identifikasi atau Informasi mengenai identitas program (nama program, sipembuat, tanggaldibuat, tanggal dikompilasi, danlainnya.). Program-ID. Program id menjelaskan bahwa merupakan reserve word dan nama program yang diberi nama programnya LOOPING(program-name) adalah suatu nama yang diberikan untuk menunjukkan identitas dari program yang dibuat, dituliskan pada paragraph PROGRAM-ID dalam struktur IDENTIFICATION DIVISION.
AUTHOR atau disebut sebagai yang punya atau owner, dan ANDREAS sebagai saya sendiri adalah nama owner, didalam struktur IDENTIFICATION DIVISION.
ENVIROMENT DIVISION. Divisi ini menyediakan informasi mengenai peralatan yang digunakan atau disebut INPUT / OUTPUTnya program ini.
DATA DIVISION. Informasi mengenai bentuk, jenis dari data apa saja yang dipergunakan dalam program bersangkutan.
WORKING-STORAGE SECTION
Mempunyai maksud pemesanan tempat di internal memori (STORAGE) yang diperlukan
oleh pekerjaan (WORKING) proses program



77 PIL PIC 9. Berarti 77 melambangkan nomor identitas untuk sebuah penginputan data tunggal / sub tunggal, lalu yang dimasukkan variablenya sebagai untuk menu dalam penginputan di memorinya dalam Picture clause, atau PIC Picture clause digunakan untuk menerangkan masing-masing data-item yang digunakan, mengenai ukuran dari field dan memberikan informasi dari nilai data tersebut, juga mengatur
bentuk data dimemori. Seperti disitu ada PIC 9 yang berarti menyimpan nilai data angka dengan 1 karakter.
 77 L PIC X. sama dengan perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable L dan PIC X Digunakan untuk menyimpan nilai data alphanumerik, dapat berupa gabungan angka, huruf, ataupun karakter khusus
77 I PIC 99. sama dengan perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable I dan PIC 99 Digunakan untuk menyimpan nilai data dengan 2 karakter.
77 J PIC 99. sama dengan perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable J dan PIC 99 Digunakan untuk menyimpan nilai data nilai data dengan 2 karakter.
77 N PIC 99. sama dengan perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable N dan PIC 99 Digunakan untuk menyimpan nilai data nilai data dengan 2 karakter.
SCREEN SECTION. berguna untuk menunjukkan bentuk format dari layar terminal untuk menampilkan data atau memasukkan data.
 01 CLS. Fungsi yang memerintahkan untuk membersihkan layar pada data.
 02 BLANK SCREEN. Hampir sama dengan cls, tapi ini jelas adalah fungsi untuk yang menjalankan membersihkan layar untuk data.
PROCEDURE DIVISION. Merupakan inti dari pemrograman COBOL.
 MULAI. Awal menjalankan program / start.
 DISPLAY CLS. Memunculkan perintah cls, dan yg berfungsi pertama kali untuk membersihkan layar datanya.
DISPLAY '*********** MENU ************'.
DISPLAY '| 1. ASTERIX                |'.
DISPLAY '| 2. ASTERIX TERBALIK|’.
 DISPLAY '| 3. EXIT                        |'.
 DISPLAY '#############################'.
 DISPLAY( , ) 'PILIH MENU [1-3] : '.
Kodingan display diatas hanya mencetak biasa dalam program menu, karena lebih dari 2 kondisi dan program, tapi sama fungsi yaitu karena kondisi. Fungsi ‘ adalah untuk selama dalam petik tersebut apa yang di input tdk akan berubah dalamnya.
ACCEPT PIL. Menerima laporan dan memutuskan programnya dijalankan dengan variable PIL
GO TO ASTERIX, AST , SLS DEPENDING ON PIL. Digunakan untuk alih kontrol bersyarat dimana berpindah jika di input nilai akan pindah ke program ASTERIX, dan AST, depending sendiri seperti statement yang berpindah sub program dengan fungsi PIL sebelumnya.
 DISPLAY 'MENU TIDAK ADA..'.  jika selain mencetak inputan yang berbeda akan diberi keterangan menu tidak ada.
ACCEPT L. untuk membatasi / mempause untuk tidak menghilangkan cetakan outputan.
GO TO MULAI. Lalu kembali lagi ke awal program mulai.
ASTERIX. awal pertama program dari bentuk program looping pengulangan .
DISPLAY( , ) 'MASUKKAN BANYAKNYA PERULANGAN : ', ACCEPT N.  Mencetak inputan dari data N dengan berupa angka, lalu diterima oleh ACCEPT N bahwa data tersebut benar adanya.
PERFORM CETAK menampilkan  / mencetak bintang selama j tidak sama dengan i.
VARYING I  FROM 1 BY 1 UNTUL I > N kemudian diperform cetak, setelah kondisi ada varying i dari 1 dan sebagainya asterix biasa, i itu nilai pertama, atau kelipatan satu. i lebih kecil dari n dan terus berjalan, sampai berjalan.
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > I. setelah j dari kelipatan 1 sampai dengan 1 dengan J lebih dari I
STOP RUN. Program ASTERIX berhenti.

AST. Program kedua  adalah asterix kebalik dengan disingkat AST.
DISPLAY( , ) 'MASUKKAN BANYAKNYA PERULANGAN : ', ACCEPT N.  Mencetak inputan dari data N dengan berupa angka, lalu diterima oleh ACCEPT N bahwa data tersebut benar adanya.
PERFORM CETAK menampilkan  / mencetak bintang selama j tidak sama dengan i.
VARYING I FROM N BY -1 UNTIL I < 1 kemudian diperform cetak, setelah kondisi ada varying i dari N dan sebagainya asterix biasa, i itu nilai pertama, atau kelipatan satu. i lebih kecil dari n dan terus berjalan, sampai berjalan. by -1  berkurang 1, sampai I nya itu habis, atau I tersebut sampai dengan kurang 1.
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 1. Setelah nilai j dari 1 untuk 1 hingga J lebih dari 1, maka dari program berhenti.
STOP RUN. Program AST berhenti.

CETAK. Dimana mencetak ini adalah perintah dari variable sebelumnya dalam PERFORM, atau fungsi dari perform.
DISPLAY( , ) “ *”. Dimana mencetak symbol bintang pada nilai output.
IF J = I DISPLAY SPACE. Jika J = I maka akan diberi spasi pada output
SLS. Artinya program array pada cobol telah selesai.
STOP RUN. Program cobol telah berhenti dan siap dijalankan atau dirunning.




  
Inilah hasil Outputan setelah dilakukan cmd, yaitu menjalankan programnya dengan mengetik pada cmd runcob “nama file.cob” lalu program akan berjalan seperti penginputan sebelumnya jika tidak terjadi error maka program sukses berjalan, jika tidak berjalan coba cek dengan ketik di cmd cobol “nama file.cob;” maka akan diketahui kesalahan error pada program tersebut.

Output Array :

Asterix :


Dimana pengulangan sebanyak 8. jadi i nya = n nya dimasukkan dengan 8

terus kelipatannya sampai dengan 8 lalu berhenti.

AST / ASTERIX TERBALIK :


Dimana pengulangan sebanyak 8 dengan posisi terbalik dari program ASTERIX pertama.
jadi i nya = n nya dimasukkan dengan 8
terus kelipatannya kurang 8 lalu berhenti. Maka dimulai dari kelipatan 8 hingga 1.


MOHON UNTUK TIDAK MENJIPLAK 

LOGIKA SESEORANG 

TERIMA KASIH

2 komentar:

WRITE YOUR COMMENTS BELOW