Logika :
Cobol
itu tersendiri adalah bahasa pemrograman
tingkat tinggi. Cobol tersendiri dibagi struktur bahasa pertiap divisinya
yaitu :
Identification division,
environment division, data division dan procedure division. Kalau
tidak ada semua struktur divisi ini bias dibilang program cobol ini tidak dapat
berjalan, jadi tidak sembarangan orang membuat codingan yang harus teliti
pertiap baris dan kolom, cobol tersendiri memiliki beberapa syarat variable
yaitu max 30 karakter, minimum ada satu alphabet, tidak boleh ada special
karakter, tidak ada blank spack, dan cobol reserver word, harus alphanumeric,
dan no hypen.
Penulisan
dalam cobol tersendiri dibagi berbeda beda, seperti kolom 1-6 yaitu nomor urut
(optional) (999,999), kolom 7 yaitu hypen, /, D, *, kolom 8 – 11 yaitu area A
berdivisi dan level number, kolom 12-72 yaitu area B kodingan , kolom 73 – 80
yaitu dokumentansi.
Jadi
dalam cobol itu adalah program terstruktur dimana itu dibagi persetiap bagian.
Struktur Sub dibagi seperti dari atas yaitu, division, region, section,
paragraph, sentence, statement, phrase.
Cobol
tersendiri dijalankan melalui run, dan cmd, dimana program cobol ini sungguh
rumit.
Pengakhiran
dalam kodingan cobol selalu diakhiri dengan tanda “ . “
Cobol
juga berpengaruh pada kolom dan baris, jika salah penempatan akan berpengaruh.
Pengejeaan
sangatlah penting dimana huruf capital dan kecil berpengaruh pada codingan, dan
jangan lupa untuk tidak TYPO.
Program Cobol Looping
IDENTIFICATION DIVISION atau
nama lain adalah identitas program cobol ini. Ini bagian struktur pertama dalam
cobol, seperti memulai programnya diawali dengan identification/ identifikasi
atau Informasi mengenai identitas program (nama program, sipembuat,
tanggaldibuat, tanggal dikompilasi, danlainnya.). Program-ID. Program id menjelaskan bahwa merupakan reserve word dan
nama program yang diberi nama programnya LOOPING(program-name)
adalah suatu nama yang diberikan untuk menunjukkan identitas dari program yang
dibuat, dituliskan pada paragraph PROGRAM-ID
dalam struktur IDENTIFICATION DIVISION.
AUTHOR atau
disebut sebagai yang punya atau owner, dan ANDREAS
sebagai saya sendiri adalah nama owner, didalam struktur IDENTIFICATION DIVISION.
ENVIROMENT DIVISION.
Divisi ini menyediakan informasi mengenai peralatan yang digunakan atau disebut
INPUT / OUTPUTnya program ini.
DATA DIVISION. Informasi
mengenai bentuk, jenis dari data apa saja yang dipergunakan dalam program
bersangkutan.
WORKING-STORAGE
SECTION
Mempunyai maksud pemesanan tempat
di internal memori (STORAGE) yang diperlukan
oleh
pekerjaan (WORKING) proses program
77
PIL PIC 9. Berarti
77 melambangkan nomor identitas untuk sebuah penginputan data tunggal / sub
tunggal, lalu yang dimasukkan variablenya sebagai untuk menu dalam penginputan
di memorinya dalam Picture clause, atau PIC Picture clause
digunakan untuk menerangkan masing-masing data-item yang digunakan, mengenai
ukuran dari field dan memberikan informasi dari nilai data tersebut, juga
mengatur
bentuk
data dimemori. Seperti disitu ada PIC 9 yang
berarti menyimpan nilai data angka dengan 1 karakter.
77 L PIC X. sama dengan
perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable L dan PIC X Digunakan
untuk menyimpan nilai data alphanumerik, dapat berupa gabungan angka, huruf,
ataupun karakter khusus
77 I PIC 99. sama
dengan perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable I dan PIC 99 Digunakan
untuk menyimpan nilai data dengan 2 karakter.
77 J PIC 99. sama
dengan perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable J dan PIC 99 Digunakan
untuk menyimpan nilai data nilai data dengan 2 karakter.
77 N PIC 99. sama
dengan perintah tunggal, tapi dengan diberi nama variable N dan PIC 99 Digunakan untuk
menyimpan nilai data nilai data dengan 2 karakter.
SCREEN SECTION.
berguna untuk menunjukkan bentuk format dari layar terminal untuk menampilkan
data atau memasukkan data.
01 CLS. Fungsi yang
memerintahkan untuk membersihkan layar pada data.
02 BLANK SCREEN. Hampir
sama dengan cls, tapi ini jelas adalah fungsi untuk yang menjalankan
membersihkan layar untuk data.
PROCEDURE DIVISION.
Merupakan inti dari pemrograman COBOL.
MULAI. Awal
menjalankan program / start.
DISPLAY
CLS. Memunculkan perintah cls, dan yg berfungsi pertama kali untuk
membersihkan layar datanya.
DISPLAY '*********** MENU
************'.
DISPLAY '| 1. ASTERIX |'.
DISPLAY '| 2. ASTERIX TERBALIK|’.
DISPLAY '| 3. EXIT |'.
DISPLAY '#############################'.
DISPLAY( , ) 'PILIH MENU [1-3] : '.
Kodingan display diatas hanya
mencetak biasa dalam program menu, karena lebih dari 2 kondisi dan program,
tapi sama fungsi yaitu karena kondisi. Fungsi ‘ adalah
untuk selama dalam petik tersebut apa yang di input tdk akan berubah dalamnya.
ACCEPT PIL. Menerima
laporan dan memutuskan programnya dijalankan dengan variable PIL
GO TO ASTERIX, AST , SLS DEPENDING
ON PIL. Digunakan untuk alih kontrol bersyarat dimana
berpindah jika di input nilai akan pindah ke program ASTERIX, dan AST,
depending sendiri seperti statement yang berpindah sub program dengan fungsi PIL sebelumnya.
DISPLAY 'MENU TIDAK ADA..'. jika selain mencetak inputan yang berbeda
akan diberi keterangan menu tidak ada.
ACCEPT L.
untuk membatasi / mempause untuk tidak menghilangkan cetakan outputan.
GO TO MULAI. Lalu
kembali lagi ke awal program mulai.
ASTERIX. awal
pertama program dari bentuk program looping pengulangan .
DISPLAY( , ) 'MASUKKAN BANYAKNYA
PERULANGAN : ', ACCEPT N. Mencetak
inputan dari data N dengan berupa angka, lalu diterima oleh ACCEPT N bahwa data tersebut benar
adanya.
PERFORM CETAK menampilkan
/ mencetak bintang selama j tidak sama
dengan i.
VARYING I FROM 1 BY 1 UNTUL I > N kemudian
diperform cetak, setelah kondisi ada varying i dari 1 dan sebagainya asterix
biasa, i itu nilai pertama, atau kelipatan satu. i lebih kecil dari n dan terus
berjalan, sampai berjalan.
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > I.
setelah
j dari kelipatan 1 sampai dengan 1 dengan J lebih dari I
STOP RUN. Program
ASTERIX berhenti.
AST. Program
kedua adalah asterix kebalik dengan
disingkat AST.
DISPLAY( , ) 'MASUKKAN BANYAKNYA
PERULANGAN : ', ACCEPT N. Mencetak
inputan dari data N dengan berupa angka, lalu diterima oleh ACCEPT N bahwa data tersebut benar
adanya.
PERFORM CETAK menampilkan / mencetak bintang selama j tidak sama dengan
i.
VARYING I FROM N BY -1 UNTIL I <
1 kemudian
diperform cetak, setelah kondisi ada varying i dari N dan sebagainya asterix
biasa, i itu nilai pertama, atau kelipatan satu. i lebih kecil dari n dan terus
berjalan, sampai berjalan. by -1 berkurang 1, sampai I nya itu habis, atau I tersebut sampai dengan kurang 1.
AFTER J FROM 1 BY 1 UNTIL J > 1.
Setelah
nilai j dari 1 untuk 1 hingga J lebih dari 1, maka dari program berhenti.
STOP RUN. Program
AST berhenti.
CETAK. Dimana
mencetak ini adalah perintah dari variable sebelumnya dalam PERFORM, atau
fungsi dari perform.
DISPLAY( , ) “ *”. Dimana
mencetak symbol bintang pada nilai output.
IF J = I DISPLAY SPACE. Jika
J = I maka akan diberi spasi pada output
SLS. Artinya
program array pada cobol telah selesai.
STOP RUN. Program
cobol telah berhenti dan siap dijalankan atau dirunning.
Inilah
hasil Outputan setelah dilakukan cmd, yaitu menjalankan programnya dengan
mengetik pada cmd runcob “nama file.cob”
lalu program akan berjalan seperti penginputan sebelumnya jika tidak
terjadi error maka program sukses berjalan, jika tidak berjalan coba cek dengan
ketik di cmd cobol “nama file.cob;” maka
akan diketahui kesalahan error pada program tersebut.
Output Array :
Asterix :
Dimana
pengulangan sebanyak 8. jadi i nya = n nya dimasukkan dengan 8
terus
kelipatannya sampai dengan 8 lalu berhenti.
AST / ASTERIX TERBALIK :
Dimana
pengulangan sebanyak 8 dengan posisi terbalik dari program ASTERIX pertama.
jadi
i nya = n nya dimasukkan dengan 8
terus
kelipatannya kurang 8 lalu berhenti. Maka dimulai dari kelipatan 8 hingga 1.
MOHON UNTUK TIDAK MENJIPLAK
LOGIKA SESEORANG
ok sip bang
BalasHapusiya sama sama om
Hapus