Ini cuman pembelajaran tambahan dari catatan yang diberikan dosen pada mata kuliah ini.
Kurang lebih maaf jika ada tutur kata yang tidak terlalu baku dan tidak tata bahasa yang kurang rapih.
Algoritma & Pemprogaman 1 A
Program adalah kumpulan - kumpulan kata atau pernyataan, intruksi yang disusun, dirangkai yang disusun untuk suatu kesatuan / prosedur untuk menyelesaikan maslaah ~> seperti masalah helloword
Flow Chart atau disebut diagram alur, fungsi dari flow chart itu sendiri adalah membantu program secara umum dan dituangkan dalam bahasa pemprogaman.
Standard Program yang Baik
#Butuh beberapa dasar :
- Pemecahan Masalah
- Penyusunan Program
- Perawatan Program
- Standar Program
Ciri - Ciri Pemprograman Algoritma
- Memiliki logika, perhitungan, dan metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah
- Menghasilkan output yang benar dalam waktu yang singkat
- Menulis dengan bahasa yang standard secara sistematis sehingga tidak menimbulkan arti ganda
- Ditulis dengan format yang sudah dipahami dan di implementasikan ke dalam bahasa pemprogaman
- Semua operasi yang terdifinisi dengan jelas
- Semua proses harus selalu berakhir setelah sejumlah rangka dilakukan
Contohnya : Algoritmas ~> mengirim pesan
ini saya ambil dari google, dan dari orang mungkin bisa lihat disini lengkapnya klik
Algoritma & Pemprogaman 1 B
I. Perkembangan Bahasa Pemprogaman DOS & Windows
- Generasi I (1940) : Mesin Code
- Generasi II (1950) : Assembly Language
- Generasi III (1960) : High Level Language
- Generasi IV (1970) : Query & Database Language
- Generasi V (1980) : Sistem Pakar
Contoh Program Generasi ke III : Cobolt, Fortrain, C, C++, C#, Qbasic, Basic, Visual Basic, dll
Basic (Beginners All Purpose Symbolic Intruction Code)
- Diciptakan oleh Jhon G Kemeny dan Thomas Kurta As Darthmouth College. New Hamphire, USA
- Pertama kali dijalankan pada 1 mei 1964
- Bersifat Interpreter L Bisa ditulis dijalankan diubah dan dijalankan lagi tanpa dikomplasi
#Komplasi ~> pengecekan kesalahan / meskipun ada kesalahan ( bisa dijalankan meski ada kesalahan dan tidak ada kesalahanpun)
Jenis - Jenis Basic
- GW Basica
- Basica
- MBasic
- Turbo Basic
- QBasic
- Visual Basic , dll
#Konsep Dasar
*Kumpulan dari perintah perintah dari suatu kode yang menjadi suatu persatuan. Kumpulan dari statement
Direct / Langsung / Immediate / commond
Langsung perintah PRINT 9 + 2 = 11
Indirect / Tidak Langsung / Program Mode
10 LET A = 9
15 LET B = 2
20 PRINT A + B
22 END
RUN
keuntungan indirect kalau memiliki banyak variabel enak menggunakan indirect
VARIABEL
Nama/ Simbol yang digunakan untuk mewakili suatu nilai dapat berubah didalam proses program.
Syarat :
- Gabungan huruf, angka, titik tetapi karakter awal harus huruf
- Panjang maksimal 40 KARAKTER
- Tidak boleh ada spasi
- Tidak boleh ada karakter spesial kecual $ , %!, dan # dibelakang
String ~> huruf / angka tidak bisa dijumlahkan.
ini saya ambil dari catatan awal minggu pertama kali masuk kuliah kurang lebihnya bisa dicari digoogle, sekian dan terima kasih
0 komentar:
Posting Komentar
WRITE YOUR COMMENTS BELOW